Mengenal Arabic Keyboard Layout

Problem yang sering dianggap tersulit dalam menulis Huruf Arab menggunakan komputer adalah kebanyakan keyboard komputer atau laptop hanya menyediakan tombol-tombol dengan huruf latin.

Bagaimana cara menulis Huruf Arab menggunakan keyboard yang hanya menyediakan tombol-tombol dengan huruf latin? Berikut langkah-langkahnya (Arabic Keyboard Layout harus sudah terinstall dalam komputer, baca langkah-langkahnya di sini bagi pengguna Microsoft Windows XP dan di sini untuk pengguna Microsoft Windows Vista dan Microsoft Windows Seven):

  1. Ubah mode penulisan ke Arabic dengan cara: klik Language Bar (biasanya terletak di Taskbar sebelah kiri atau kadang di desktop) lalu pilih AR (Arabic Saudi).
Language BarLanguage Bar di Taskbar

Setelah mode penulisan diubah menjadi AR (Arabic Saudi), coba ketikkan beberapa huruf maka yang tertulis di tex editor (Microsoft Office Word, misalnya) adalah Huruf Arab. Lakukan langkah ini setiap kali Anda akan menulis Huruf Arab.
  1. Hafalkan letak Huruf Arab dalam keyboard. Berikut tabel letak Huruf Arab dalam keyboard berhuruf latin:
Letak Huruf Arab dalam keyboard dengan tombol huruf latinLetak Huruf Arab dalam keyboard dengan tombol huruf latin

Di samping menggunakan tabel seperti di atas untuk menghafalkan letak Huruf Arab dalam keyboard dengan tombol berhuruf latin, dapat juga mempergunakan gambar keyboard berikut (gambar pertama keyboard dalam mode biasa dan gambar kedua keyboard dalam mode Shift):
Gambar Arabic Keyboard LayoutGambar Pertama: Gambar Arabic Keyboard Layout

 

Gambar Arabic Keyboard Layout dalam mode ShiftGambar Kedua Shift: Gambar Arabic Keyboard Layout dalam mode Shift

Catatan: Bila tabel/gambar di atas kurang jelas, simpan ke komputer dengan cara: klik kanan pada gambar lalu pilih Save Image As … (Mozilla Firefox dan Safari) atau Save Image … (Opera) atau Save Picture As … (Internet Explorer).
Di samping cara di atas, ada juga cara lain yaitu dengan menempelkan Huruf Arab pada keyboard, atau membeli keyboard khusus yang tombol-tombolnya mencantumkan Huruf Arab atau dengan menggunakan On-Screen Keyboard sebagaimana akan dijelaskan selanjutnya di sini.
Pengalaman penyusun, hanya perlu berlatih setiap hari 1 jam (waktu itu di warnet karena belum punya komputer) selama 1 minggu untuk menghafalkan letak Huruf Arab menggunakan tabel di atas. Dan cara ini lebih efektif dan efisien di masa-masa selanjutnya dibandingkan yang berlatih menggunakan keyboard yang ditempeli Huruf Arab atau yang semacamnya.

Sekian semoga bermanfaat dan baca tutorial Menulis Huruf Arab Menggunakan Komputer selanjutnya berjudul Menggunakan On-Screen Keyboard untuk Menulis Huruf Arab. Baca juga tutorial-tutorial sebelumnya di Catatan Belajarku (lihat Site Map). Terimakasih atas kunjungan Saudara.

By thowil85

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s